Header Ads

Header ADS

Hari Santri Nasional 22 Oktober, Ini Sejarah dan Temanya.

"Selamat Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022"

Sabtu, 22 Oktober 2022

12.50 WIB.


Sumber : https://detiksumsel.com/hari-santri-nasional-22-oktober-ini-sejarah-dan-temanya/

Hari Santri Nasional 22 Oktober, Ini Sejarah dan Temanya.


    Hari ini merupakan peringatan Hari Santri, yang telah ditetapkan melalui keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Sabtu (22/10/2022).

    Penetapan ini ditandatangani oleh presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo, terkait dengan peranan para santri dalam melawan Belanda saat agresi militer kedua.

Adanya hari santri tidak terlepas dari adanya peran Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari.

Hari Santri Nasional menjadi hari yang membanggakan bagi para santri di Indonesia.

Berikut sejarah dan tema dari peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober.

    Hari Santri Nasional pertama bermula pada 22 Oktober 2015 di masjid Istiqlal Jakarta yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

    Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan ini dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keIndonesiaan yang digelorakan para ulama.

    22 Oktober dipilih karena bertepatan dengan satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Pada tanggal tersebut, KH Hasjim Asy’ari menyerukan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Tema Hari Santri Nasional

Dilansir laman Kemenag, 3 Oktober 2022, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan surat edaran tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri tahun 2022.

Peringatan tahun ini mengangkat tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’.

Tema ini mencerminkan keberadaan santri yang dicatat dalam sejarah selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak.

Di Indonesia sendiri, santri sudah menjadi bagian dalam pembangunan pendidikan serta memberi sumbangsih besar dalam kemajuan bagsa.

Lahirnya para hafids Qur’an telah membantu mengenalkan Indonesia pada dunia, serta peran mereka yang dididik sebagai pembentuk akhlak mulia. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.